Ujian Masuk UI???

Benarkah UI akan mengadakan ujian masuk untuk menerima mahasiswa untuk program S1 Reguler yg selama ini melewati seleksi hanya dengan 3 jalur: SPMB, PPKB, dan PEDATI??

Berita UI akan mengadakan semacam UM seperti yg PTN2 lainnya lakukan gw denger pertama kali dari sepupu gw melalui tempat bimbingan belajarnya. Tadinya gw masih ga percaya. Soalnya dicari2 infonya di www.ui.edu atau pun di www.cs.ui.ac.id hasilnya pun nihil. Trus si bapak rektor UI yg baru ngomong di Kompas tgl 7 Mei klo UI akan mengadakan Ujian Masuk dengan menampung mahasiswa S1 Reguler sebesar 2000-an org. Jeehh, ga ada angin ga ada mendung.. tiba2 si rektor bikin pernyataan gitu aja di media nasional dengan tidak adanya informasi yg resmi yg sedianya diumumkan di web resmi UI... di anakui.com pun ada isu seperti ini di mana mereka pun mengutip pernyataan rektor UI yg dimuat di Kompas. Gw tanya2 ke Sawi'04 yg lalu menyarankan untuk menanyakan ke Franova'04 a.k.a. Smile selaku Ketua BEM Fasilkom saat ini, mereka pun belum mendapat informasi yg resmi. Sampe saat ini adek gw yg SMA juga belom dapat kejelasan ttg pelaksanaan UM di UI ini. Aneh aja, di website resminya aja belum ada, eehhh udah cuap2 ke luar..

Jadi inget waktu jaman UI nerapin kebijakan uang pangkal. Awalnya cuma ada isu2 doang yg tadinya pun gw ga percaya dengan kebijakan 'sadis nan memeras' macam ini. Ternyata udah mendekati pelaksanaan baru diumumin.

Klo ada UM, kayaknya kesempatan PTN cari duit bakal lebih gede buat 'morotin' calon mahasiswa. Belum lagi 'biaya sumbangan' pendidikan yg biasanya bakal membengkak dibandingkan jaman gw kuliah. Klo pun ga lewat UM, masih ada SPMB yg jatahnya dikurangin jadi tinggal kira2 20% aja yg klo pun lulus masih harus menghadapi 'jeratan' uang pangkal yg bisa sampe 25 juta itu.

Kayaknya dulu ada yg janji deh klo ga ada mahasiswa UI yg tidak bisa kuliah karena alasan kesulitan biaya. Apa karena ganti kepengurusan janji ini ga berlaku lagi?? Beasiswa emang ada, tapi klo ngeliat biayanya yg segede gaban kayak gitu org2 udah pada takut duluan begimana?? Apalagi gw denger2 dari beberapa pengalaman mahasiswa2 di fakultas lain di luar fasilkom, buat minta keringanan cicilan aja susahnya amit amit jabang baby, belum tentu dapet pula..

Aiiihhh, anak gw nanti gimana yak sekolahnya??

6 komentar:

cardepus said...

Mudah2an jaman anak2 kita pendidikan di Indonesia udah bagus dan murah :D

Anonymous said...

Emang kapan mo kawin, Olin?

-JP
-lagiMalesLogin.

kunderemp said...

Berarti kayaknya aku harus fwd skema-nya ke milis yah?

Unknown said...

di kompas beberapa hr lalu bukannya ditulis yag.. kalo ada UM di UI..


@cardepus.. kayaknya ngga mungkin ah pendidikan makin murah.. guru2 mau digaji berapa kalo pendidikan jd murah..

Anonymous said...

desmond: biaya pendidikan (yang dibayar mahasiswa) kan ngga harus berhubungan dengan besar gaji pengajar.

adhidaz said...

saya setuju dengan saudara iang.. selama ini klo ada masalah dana di PTN (sejak menyandang BHMN) yang jadi solusi singkatnya adalah morotin mahasiswanya aja.. sama aja ama pemerintah kita yg ambil cara singkat mulu dengan lebih milih impor minyak dari luar daripada investasi buat bikin kilang minyak sendiri buat kemudahan jangka panjang (uuppss curhatan yang lain :D)

 
Copyright © adhidaz' blog